ABOUT US

--

Fokus pada pelayanan industri alas kaki nasional, BPIPI (Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia) ingin mengoptimalkan tugas dan fungsi pada pengembangan dan penumbuhan IKM. Strategi pengembangan IKM (Industri Kecil dan Menengah) alas kaki akan fokus pada perkuatan eksistensi dan kemajuan organisasi, sedangkan strategi penumbuhan IKM akan fokus pada wirausahan baru dan penyebaran IKM alas kaki.

Sebagai salah sektor unggulan non migas, Kementerian Perindustrian melalui BPIPI merasa penting membuat strategi alternatif dalam pengembangan dan penumbuhan IKM alas kaki nasional.

Dengan tiga pilar utama pengembangan organisasi Knowledge, Training dan Design, BPIPI akan fokus pada pengembangan SDM (sumber daya manusia) industri yang akan menunjang sektor IKM alas kaki.

Beberapa program prioritas antara lain pengembangan standard kompetensi sumber daya manusia industri, penumbuhan wirausaha baru dan mendorong program National Branding untuk IKM alas kaki.

Salah satu fokus utama program ini adalah generasi muda dimana melihat peluang dan potensi jangka panjang, populasi Indonesia pada 2025 akan didominasi umur 20-39 tahun sebanyak 30%. Potret segmen inilah yang akan menjadi target  program BPIPI untuk menumbuhkan lokal tenant baru alas kaki dan branding alas kaki lokal.

Tentu segmen ini mempunyai karakteristik unik sehingga dibutuhkan pendekatan yang kreatif untuk menciptakan ketertarikan profil segmen ini pada industri alas kaki antara lain : kecenderungan pada anti-mainstream, semangat, quick respond,  berpeluang menciptakan pasar baru, urban, komunitas berbasis hobi, berbasis media online dan customized.


//